Pembagian
jasa pelayanan di rumah sakit atau biasa disebut dengan INSENTIF adalah
kebijakan pimpinan RS dalam pemberian insentif kepada seluruh karyawan RS, sebenarnya
bukan hal mudah tetapi juga bukan hal yang amat sangat sulit. Memang benar kalau
dikatakan sangat kompleks dan berpotensi menimbulkan konflik antar karyawan, juga
penurunan kinerja serta ketidakpuasan antara kayawan dengan pimpinan RS.
Kondisi ini sebenarnya sudah banyak dialami di beberapa RS di Indonesia
khusunya di rumah sakit Pemerintah. Bisa dikatakan bahwa setiap kali membagi jasa
pelayanan selalu membuat galau para karyawan bahkan dianggap kurang berpihak
pada karyawan kecil. Untuk itu perlu dilakukan penyempurnaan terus menerus sampai
pada tahap yang kondusif artinya bagaimana mengurangi kesenjangan pendapatan antar
karyawan itu sendiri. Melalui upaya dan kebijakan yang mencerdaskan, selalu mencari
solusi terbaik dan tidak berlindung pada alasan klasik (belum tersedianya regulasi pemerintah secara rinci)
mungkin akan lebih baik.
Melalui
artikel pendek ini izinkan saya memberikan sedikit tips/pengalaman saya membagi
jasa pelayanan di RS Pemerintah.
disusun oleh max.mulyadi HP.082137520341
Pedoman Membagi Jasa Pelayanan
INA-CBGs/Umum
(Revisi thn 2017 tentang Remunerasi
Jasa Pelayanan) Di RS Pemerintah
METODE YANG DIGUNAKAN
MENGGABUNGKAN PERHITUNGAN :
- Indeks Poin
- Prosentase Langsung
- Prosentase tidak langsung
- Bobot Pendapatan
- Kebersamaan
PELAKSANAAN REMUNERASI (FAKTOR YANG BERPENGARUH)
- Kebijakan.
- Kesepakatan.
- Input data (cepat dan valid)
- Rumus-rumus
- Nilai rasa, kepantasan
- Seni dan improvisasi
- Penyempurnaan terus menerus sampai pada tahap yg ideal
Siapkan terlebih dahulu :
A.
Data kepegawaian
B.
Penilaian indeks poin (tabel dan blangko)
C.
Pedoman menyusun bobot pendapatan.
D.
Pedoman memisahkan income/klaim INACBGs (menjadi jasa pelayanan,
jasa medik, jasa paramedik dan jasa lainnya).
E.
Rumus-rumus pembagian
F.
Data pendapatan tindakan dari masing2 dokter (by name).
G.
Data pendapatan dari masing2 ruangan/instalasi/unit penghasil
H.
Data total pendapatan rumah sakit (termasuk jasa farmasi/obat)
I.
Kebijakan lainnya.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBAGIAN JS PELAYANAN (JASPEL)
I.
INPUT : REGULASI RS/KEBIJAKAN/DATA
- Kebijakan ttg % induk Pembagian Jasa (misal opr.RS 60% dan JP 40%).
- Kebijakan ttg % input jasa direktur, wakil direktur, dan pejabat lainnya Kebijakan ttg % input jasa medik (PIJM), dan nakes
- Kebijakan ttg standar pendapatan minimal (SPM) seluruh pegawai
- Kebijakan ttg % KBS (ratio jml pegawai dgn Jml JP terpenuhi)
- Penilaian indeks poin, Daftar kepegawaian
- Tarif RS.
- Total Klaim BPJS, Umum
- Volume/Jenis/Nilai Pelayanan BPJS dan Umum
A.
INPUT PROSENTASE INDUK JASA PELAYANAN
1.
Jasa pelayanan : 35% - 40%
dari total klaim
2.
Direktur : 5% -
8% dari Jaspel
3.
Kebersamaan : 10% - 20%
dari jaspel
4.
Tenaga Medis : Total
Income medis x 51% : Jaspel x 100%
(jangan
di campur dengan yang lain)
5.
Persentase input jasa medis dan tenaga lainnya lihat tabel dibawah
B.
PERSENTASE INPUT JASA MEDIS (PIJM)DAN TENAGA LAINNYA
Jenis Tindakan
|
RS
|
UP
|
MDK
|
LL
|
pemeriksaan
|
0,45
|
0,55
|
0,51
|
0,35
|
visite
|
0,45
|
0,55
|
0,51
|
0,35
|
konsultasi
|
0,45
|
0,55
|
0,55
|
0,30
|
Tindakan non operatif
|
0,50
|
0,50
|
0,45
|
0,35
|
askep
|
0,35
|
0,65
|
0,00
|
0,75
|
Tindakan medis di ruangan
|
0,50
|
0,50
|
0,45
|
0,35
|
USG
|
0,56
|
0,44
|
0,50
|
0,25
|
RO
|
0,55
|
0,45
|
0,40
|
0,45
|
ECG
|
0,50
|
0,50
|
0,44
|
0,30
|
EEG
|
0,56
|
0,44
|
0,48
|
0,30
|
laborat
|
0,56
|
0,44
|
0,22
|
0,40
|
obat
|
0,92
|
0,08
|
0,15
|
0,60
|
ambulan
|
0,40
|
0,60
|
0,00
|
0,75
|
pengantar
|
0,40
|
0,60
|
0,00
|
0,75
|
rehab medik
|
0,48
|
0,52
|
0,35
|
0,40
|
konsultasi gizi
|
0,40
|
0,60
|
0,00
|
0,75
|
HD
|
0,50
|
0,50
|
0,40
|
0,40
|
pengemudi
|
0,45
|
0,55
|
0,00
|
0,75
|
anestesi
|
0,45
|
0,55
|
0,50
|
0,35
|
psikologi
|
0,35
|
0,65
|
0,55
|
0,10
|
gigi
|
0,45
|
0,55
|
0,50
|
0,30
|
observasi
|
0,60
|
0,40
|
0,40
|
0,35
|
ct.scan
|
0,50
|
0,50
|
0,40
|
0,45
|
Pemeriksaan RJ
|
0,45
|
0,55
|
0,51
|
0,10
|
Tindak Medik gigi
|
0,45
|
0,55
|
0,50
|
0,20
|
Konsultasi RJ
|
0,45
|
0,55
|
0,55
|
0,10
|
partus normal
|
0,40
|
0,60
|
0,40
|
0,40
|
partus patologis
|
0,50
|
0,50
|
0,50
|
0,35
|
patologi anatomi
|
0,50
|
0,50
|
0,50
|
0,10
|
Tindak Medik RJ
|
0,50
|
0,50
|
0,55
|
0,10
|
otopsi
|
0,45
|
0,55
|
0,50
|
0,40
|
endoscopy
|
0,50
|
0,50
|
0,50
|
0,20
|
operasi
|
0,50
|
0,50
|
0,51
|
0,30
|
LL
|
0,50
|
0,50
|
0,50
|
0,35
|
Jenis Tindakan
|
RS
|
IBS
|
%JP
|
|
Operasi Appendix
|
56%
|
44%
|
||
a. Operator
|
100%
|
28%
|
||
b. dr. anestesi
|
33%
|
9%
|
||
c. Perawat
|
25%
|
7%
|
||
158%
|
44%
|
|||
Jenis Tindakan
|
RS
|
IBS
|
%JP
|
|
Operasi SC
|
56%
|
44%
|
||
a. Operator (dr. Obsgyn)
|
100%
|
25%
|
||
b. dr. anestesi
|
33%
|
8%
|
||
c. dr. anak
|
15%
|
4%
|
||
d. Perawat
|
25%
|
6%
|
||
173%
|
44%
|
Ket. Mohon dipahami semua pihak
(sangat sensitif), prosentase di atas sbg bahan menghantar pada sistim bobot.
C.
INPUT BOBOT PENDAPATAN (BP) PENERIMA
JASPEL
Kebijakan Bobot pendapatan penerima jasa pelayanan dan nilai
bobot lainnya ditetapkan
sebagai berikut :
1.
Nilai bobot 1 dihitung dari sisa alokasi langsung dibagi jumlah pegawai yang mendapatkan
remunerasi;
2.
Bobot
pendapatan direktur dihitung dari total jasa pelayanan dikalikan 5% - 6% dibagi nilai bobot 1 ditambah minimal 15 poin;
3. Bobot pendapatan masing-masing wakil
direktur dihitung dari
total jasa pelayanan dikalikan 2% dibagi nilai bobot 1
ditambah minimal 10 poin;
4.
Bobot
pendapatan masing-masing kabid atau manager dihitung
dari total jasa remunerasi dikalikan 1,4% dibagi nilai bobot 1 ditambah minimal
5 poin ;
5.
bobot pendapatan masing-masing kasubid/sub
manager/ koordinator
dihitung dari total jasa remunerasi dikalikan 0,65% dibagi
nilai bobot 1 ditambah minimal 2,5 pon;
6.
bobot
pendapatan masing-masing dokter spesialis dihitung dari jumlah income masing-masing dokter dikalikan 50% dibagi nilai bobot 1
ditambah
minimal 10 poin;
7.
bobot
pendapatan masing-masing dr. Umum dan dokter gigi dihitung dari jumlah
income masing-masing dokter umum atau dokter gigi dikalikan 50% dibagi nilai bobot
1 ditambah
minimal 5
poin;
8.
Bobot
pendapatan masing-masing apoteker, setara dengan rata-rata
bobot pendapatan dokter umum ditambah minimal 2 poin;
9.
Bobot pendapatan masing-masing perawat /bidan
/penunjang
medik, dihitung dari income perawat/bidan/penunjang medik dibagi nilai bobot 1 ditambah minimal 1,5 poin dikalikan jumlah pegawai dalam unit kerjanya atau dengan cara perhitungan
bobot lainnya;
10. Bobot pendapatan masing-masing staf farmasi setara dengan rata-rata bobot perawat ditambah 1 poin atau dengan cara perhitungan bobot lainnya;
11. Bobot pendapatan staf admin atau tenaga
lainnya,
minimal 1,25 poin ditambah minimal 0,
5poin dikalikan jumlah pegawai dalam unit kerjanya atau dengan cara perhitungan
bobot lainnya; dan
12. bobot tambahan masing-masing
tenaga fungsional/ tenaga non fungsional atau tenaga lainnya yang mendapat tugas khusus di luar tugas pokok dan fungsinya
atau tugas khusus lainnya:
a. minimal 0,4 poin; dan
b. maksimal 2 poin.
D.
INPUT INDEKS POIN
JABATAN
|
SINGK
|
N
|
PROFESI
|
SINGK
|
N
|
||
Staf Admin
|
STA
|
0,65
|
Staf Admen
|
STA
|
0,75
|
||
Staf Khusus
|
STK
|
1,25
|
Staf Khusus
|
STK
|
1,44
|
||
Staf Fungsional
|
STF
|
1,25
|
Perawat Trampil
|
PT
|
1,44
|
||
Kepala Ruangan
|
KARU
|
1,90
|
Perawat Ahli
|
PA
|
2,14
|
||
Kepala Instalasi
|
KAIN
|
2,50
|
Dr. Umum
|
DU
|
2,14
|
||
Staf Medis Umum
|
SMU
|
2,50
|
Dr. Gigi
|
DG
|
2,14
|
||
Staf Medis Gigi
|
SMG
|
2,50
|
Apoteker
|
APT
|
2,14
|
||
Apoteker
|
APT
|
2,50
|
Staf Madya
|
STM
|
2,14
|
kasubid
|
|
Kasubid
|
KASUB
|
2,50
|
Dr. Spesialis
|
DS
|
2,86
|
||
Apoteker Ahli
|
APTA
|
3,13
|
Dr. Gigi Spesialis
|
DGS
|
2,86
|
||
Staf Medis Spesialis
|
SMS
|
3,13
|
Apoteker Ahli
|
APTA
|
2,86
|
||
Staf Medis Gigi Sp
|
SMGS
|
3,13
|
Staf Utama
|
STU
|
2,90
|
kabid
|
|
Kabid
|
KABID
|
3,13
|
Dr. Sub Spesialis
|
DSS
|
3,58
|
||
Staf Medis Sub Sp
|
SMSS
|
3,75
|
Senior Manajer
|
SM
|
4,30
|
||
Wadir
|
WADIR
|
4,38
|
Top Manajer
|
TM
|
5,00
|
||
Dir
|
DIR
|
5,00
|
|||||
PENDIDIKAN
|
SINGK
|
N
|
GOLONGAN
|
SINGK
|
GOL
|
IDPJK
|
|
Sekolah Dasar
|
SD
|
0,84
|
GOL. I
|
I
|
1,25
|
1,00
|
|
SLTP
|
SLTP
|
1,68
|
GOL. II
|
II
|
2,50
|
1,00
|
|
SLTA
|
SLTA
|
2,50
|
GOL. III
|
III
|
3,75
|
1,05
|
|
Diploma I
|
D1
|
2,90
|
NORMA
|
NORMA
|
3,75
|
1,00
|
|
Diploma III
|
D3
|
3,34
|
GOL. IV
|
IV
|
5
|
1,15
|
|
Diploma IV
|
D4
|
3,75
|
FINAL
|
FINAL
|
5
|
1,15
|
|
Sarjana
|
S1
|
3,75
|
|||||
Pasca Sarjana
|
S2
|
4,58
|
|||||
Doktor
|
S3
|
5,00
|
|||||
STATUS
|
SINGK
|
N
|
RISIKO
|
SINGK
|
N
|
||
Wiyata Bakti
|
WB
|
1,68
|
Ringan
|
RNG
|
1,25
|
||
Kontrak
|
KON
|
3,34
|
Sedang
|
SDG
|
2,50
|
||
Tamu
|
TAMU
|
3,34
|
Cukup Tinggi
|
CT
|
3,75
|
||
Tetap
|
TETAP
|
5,00
|
Tinggi
|
TNG
|
5,00
|
||
KOMPETENSI
|
SINGK
|
N
|
BEBAN KERJA
|
SINGK
|
N
|
||
Kurang
|
KRG
|
1,25
|
ringan
|
RNG
|
1,25
|
||
Cukup
|
CKP
|
2,50
|
sedang
|
SDG
|
2,50
|
||
Standar
|
STD
|
3,75
|
cukup berat
|
CB
|
3,75
|
||
Profesional
|
PRO
|
5,00
|
berat
|
BRT
|
5,00
|
E.
INPUT DATA KEPEGAWAIAN
CONTOH PENGISIAN DATA KEPEGAWAIAN
Nama
Karyawan
|
Jabatan
|
Pendi
dikan
|
Ms.
Kerja
(thn)
|
Status
|
Unit
Kerja
(utk
Prwt/Staf)
|
Tugas
Tambahan
|
Ket.
|
Ali
|
Karu
|
S1
|
8
|
Tetap
|
Ruang Anak
|
||
Budi
|
STF
|
S1
|
9
|
Tetap
|
ICU
|
Komper
|
|
Cici
|
STK
|
D3
|
5
|
Tetap
|
Keuangan
|
Tim Remune
|
|
Dedi
|
STF
|
D4
|
7
|
kontrak
|
IGD
|
||
Edi
|
STF
|
D4
|
10
|
Tetap
|
IBS
|
||
Fahri
|
STF
|
D3
|
11
|
tetap
|
Laborat
|
F.
INPUT DATA PELAYANAN INACBS, UMUM
Nama Dokter
|
Jenis Tindakan
|
Lokasi
|
VOL
|
Nilai 100%
|
JML
|
Dr. Agus,
Sp.B
|
Pemeriksaan
|
Poli Bdh
|
100
|
20.000
|
2.000.000
|
Dr. Agus,
Sp.B
|
Visite
|
R. Bedah
|
50
|
25.000
|
1.250.000
|
Dr. Agus, Sp.B
|
TM Kecil
|
R. Bedah
|
15
|
50.000
|
750.000
|
Dr. Agus,
Sp.B
|
TMO Besar
|
IBS
|
10
|
500.000
|
5.000.000
|
Dr. Agus,
Sp.B
|
TMO Khusus
|
IBS
|
5
|
1.000.000
|
5.000.000
|
II.
PROSES I : MENYUSUN POLA
PEMBAGIAN JASA (PPJ)
A
|
TOTAL KLAIM
|
100%
|
||||||||
B
|
OPERASIONAL RS
|
60%
|
A X B
|
|||||||
C
|
JASA PELAYANAN
|
40%
|
A X C
|
|||||||
D
|
DIREKTUR
|
5%
|
C X D
|
5% - 9%
|
||||||
E
|
JASA MEDIK
|
X %
|
Sesuai PIJM, hsl perhitungan
|
|||||||
F
|
KBS
|
15,0%
|
C X F
|
Ratio terpenuhi
|
||||||
G
|
SISA ALOKASI JASA
|
Y %
|
C-D-E-F
|
|||||||
H
|
JML PEGAWAI
|
|||||||||
I
|
NILAI BB1
|
H : I
|
||||||||
N BBT 1
|
Rata2
|
BP
|
JML
|
Nama Inst/
|
Inc.
|
SPM
|
BP
|
TTL
|
BP
|
|
JP/org
|
I
|
SDM
|
Unit/Bag/Jab
|
Awal
|
II
|
BPII
|
III
|
III.
PROSES MENCARI NILAI BOBOT 1
Nilai
Bobot 1 =
|
Sisa
alokasi jasa
|
Jumlah
pegawai
|
1.
Masukkan alokasi jasa jasa direktur dan
pejabat lainnya ke Pola Pembagian Jasa
2.
Masukan hasil perhitungan PIJM ke pola
pembagian jasa à
tentukan persentase yang didapat.
3.
Masukan prosentase KBS dan nilainya
4.
Hitung sisa alokasi jasa pelayanan
(TTLJP – JPPJBT – JM - KBS = N)
5.
Hitung nilai bobot 1 ( sisa alokasi
dibagai jml pegawai)
IV.
PROSES MENCARI BOBOT PENDAPATAN
Bobot
Pendapatan I =
|
Income
awal per orang
|
N Bobot
1
|
1.
Masukan nominal jasa pejabat (dir, wakil
dan lainnya), tentukan bobot pendapatannya
2.
Masukkan nominal Jasa Medis (JM) per
orang, tentukan nilai bobot per orang
3.
Masukkan nominal Jasa Pelayanan unit
kerja, tentukan nilai bobot per orang,
4.
Masukkan nominal Jasa Pelayanan non
nakes/admin, tentukan nilai bobot per orang, bilamana mengalami kesulitan
lakukan pengisian langsung pada bobot pendapatan per orang.
V.
Proses mencari BP I (Pendapatan awal : NBB1)
VI.
Proses mencari BP II (NBB1+SPM)
VII.
Proses mencari BP III {(hasil
IP per org : (JPII :TTL BP II)}
VIII.
Proses mencari BP IV (BP II + BP III)
IX.
Proses Penilaian Indeks Poin
1.
Buat form penilaian kepegawaian
No
|
Nama
Pegawai
|
Parameter
Penilaian IP
|
JML
|
||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
IP
|
||
2.
Buat tabel penilaian indeks poin
3.
Tentukan parameter penilaian dan nilai
indeksnya
4.
Tentukan parameter yang menjadi bahan
penjumlahan
5.
Tentukan parameter yang akan menjadi
bahan perkalian atau pengurangan
6.
Lakukan pengisian form indeks poin semua
pegawai, dapatkan hasilnya
X.
HASILPEMBAGIAN JASA
1.
Buat form daftar penerima jasa pelayanan
No
|
Nama
|
Jabatan
|
BP
|
Jaspel
|
Pajak
|
Terima
|
Tanda T.
|
2.
Masukkan nama penerima jasa pelayanan
3.
Masukkan nilai bobot pendapatan
4.
Masukkan nilai jasa yang diterima
5.
Masukkan % pajak
6.
Hitung jasa yang diterima
CONTOH
HASIL REMUNE
NO
|
NAMA
|
BP
|
Jaspel
|
Pajak
|
Terima
|
Tanda T.
|
1
|
AMIR
|
3,90
|
2.643.173
|
132.159
|
2.511.015
|
|
2
|
BUDI
|
3,55
|
2.405.550
|
120.277
|
2.285.272
|
|
3
|
CACA
|
2,88
|
1.951.538
|
0
|
1.951.538
|
|
4
|
DEDI
|
2,86
|
1.938.312
|
0
|
1.938.312
|
|
5
|
EDI
|
2,86
|
1.938.312
|
0
|
1.938.312
|
CONTOH MENENTUKAN BOBOT PENDAPATAN II
Diketahui,
TTLJP
|
:
|
500.000.000
|
|||||
ALO PJBT
|
:
|
25.000.000
|
|||||
ALO LAINNYA
|
:
|
40.000.000
|
|||||
ALO JM
|
225.000.000
|
||||||
Alokasi JP I
|
:
|
210.000.000
|
(sisa)
|
||||
Jml Pegawai
|
:
|
300
|
orang
|
||||
NBB1
|
:
|
700.000
|
|||||
X% Direktur
|
:
|
5%
|
|||||
1. BP Direktur (5% x TTL JP)
|
|||||||
Convert ke BP = (X% x Total JP : NBB 1) + 15 poin
|
|||||||
(5% x
500.000.000) : (210.000.000 : 300) + 15 poin
|
|||||||
25.000.000
|
:
|
700.000
|
35,71 Poin
|
15 poin
|
50,71 poin
|
35.500.000
|
|
SPM
|
BPII
|
||||||
2. BP dokter
|
|||||||
diketahui
Income dr. Amir, Sp.PD
|
21.000.000
|
||||||
Covert ke
bobot = (Income : NBB 1) + 10
|
|||||||
21.000.000
|
:
|
700.000
|
30 Poin
|
10 poin
|
40 poin
|
28.000.000
|
|
SPM
|
BPII
|
||||||
Arti alokasi
langsung dokter = % alokasi bagi seluruh dokter
|
|||||||
Rumus = income
seluruh dokter / TTJP x 100%
|
|||||||
misal income
seluruh dokter
|
240.000.000
|
||||||
Total Jaspel
|
500.000.000
|
||||||
maka % alokasi
seluruh tng medis = 240/500X100%
|
48,00%
|
||||||
3. BP Prwt/org
|
|||||||
diketahui
income Ruang Mawar
|
21.000.000
|
||||||
jumlah perawat
Ruang Mawar
|
12 orang
|
||||||
Convert ke
bobot = income Ruang Mawar : NBB1 : Jml Prwt
+ 1,5 poin
|
|||||||
21.000.000
|
:
|
700.000
|
30
|
||||
12
|
|||||||
2,5 Poin
|
1,5 poin
|
4,0 poin
|
2.800.000
|
||||
BBT/Org
|
SPM
|
BPII
|
PERMASALAHAN YANG SERING
DIHADAPI
BUTUH SOLUSI/WISE
(dengan pedoman teknis ini)
BUTUH SOLUSI/WISE
(dengan pedoman teknis ini)
1.
Penghargaan bagi direktur (top manager)
2.
Penghargaan bagi manager (grade : Keu // Pelay // TU)
3.
Grade : Pegawai tetap //
Pegawai tidak tetap
4.
Income : Dokter Tetap // Dokter Tamu
5.
Grade : Dr. Spesialis banyak pasien // dr. Sp. Kurang pasien
6.
Grade : Dr. Spesialis banyak asisten // dr. Spesialis sedikit asisten
7.
Income dr. Laborat // jml jenis pemeriksaan
8.
Grade : Perawat IGD // Perawat IBS //Perawat ICU // Perawat
Perinatologi // Perawat VIP // Perawat Rawat inap // Perawat Poliklinik
9.
Grade : Perawat Instrumen // perawat Anestesi
10. Grade : Perawat rawat inap (karu,
waka, staf keperawatan)
11. Grade : Resiko tinggi (petugas
laundry // staf lainnya)
12. Apakah para karu perlu dibuatkan
kotak JP tersendiri?
13. Income Apoteker
14. Income Analis farmasi
15. Kelebihan jam kerja (misal analis
farmasi masuk pagi pulang jam 4 sore)
16. Tugas tambahan di luar tupoksi
(misal chase manager, PPI, PMKP, Satpam mendorong pasien, Tim Remun)
17. Grade : Staf keuangan // staf
admen // staf kepegawaian // staf umum
18. Income : Staf rekam medis
19. Penghargaan pegendali BPJS
(Kualitas dokumen, Verifikasi, coder, dll)
20. dll
selamat bekerja
terimakasih atas share-nya
BalasHapusapa yang bisa saya bantu agar pedoman yang saya susun dapat dipahami lebih lanjut karena proses dan caranya membutuhkan bimbingan tidak cukup dengan membaca saja
Hapussy betul2 bingung cara pemagiannya
Hapusmohon bimbingannya
Assalamu Alaikum wr.wb, sangat bermanfaat artikelnya pak, skedar informasi kepada bapak sementara kami di RSUD Kabupaten Takalar Sul-Sel menuju BLU Penuh... dan sampai saat ini pengeturan jasa pelayanan INACBG's di era BPJS masih bermasalah, mohon bantuannya pak.. dikirimkan konsep-konsep pembagian jasa INCBG.... dan sistem remunerasi yng lebih detail mengetai tekhnik peritungan jasa pelayanannya di email: jpkmrshpdn@gmail.com atau di CC juga email: joeyjamfi@yahoo.co.id bantuannya sangat kami harapkan.. salam pengelola rsud Takalar
BalasHapusUntuk memahami lebih lanjut bagaimana aplikasi pembagian jasa pelayanan butuh penjelasan yg memadai tidak cukup dengan satu pengantar saja sudah cukup utk membagi jasa pelayanan, secara garis besar kita harus memahami filosofi, kesepakatan umum, kebijakan pihak managemen, data kepegawaian, konversi paket ke tindakan, indeks poin dll, perlu latihan
Hapusapa kah ada pelatihan khusus terkait perhitungan ini ya
HapusMas caranya menentukan besaran nilai indeks pada setiap parameter bagaimana?
BalasHapusTerus caranya untuk memberikan penilaian parameter yang subyektif seperti kompetensi...resiko kerja.. beban kerja dll bgaiamana dan siapa yang berhak untuk memberikan peniliaan
Terimakasih buat sharenya...artikelnya sangat bermanfaat
penggunaan indeks poin tidak bisa berdiri sendiri, harus menyatu dengan kebijakan bobot pendapatan dan rumus yg ada, maaf tidak bisa memberi penjelasan yang simple, karena memang perlu latihan langsung dgn strategi khusus
HapusBapak, apakah bisa konsultasi ke email bapak.. email saya: syifa4@gmail.com
BalasHapusTerima kasih..
Oia, tulisannya sangat bermanfaat..
silahkan konsultasi,dgn senang hati saya akan bantu, tetapi saya kawatir hanya akan berada pada level permukaan saja atau masih jauh dari aplikasi sesungguhnya
Hapussetuju Bapak tapi apa mediknya juga setuju
BalasHapuskalau sudah dipaparkan secara detil dengan semua logika, filosofi dn kebijakan pasti akan setuju. misal bahwa jasa pelayanan adalah bukan hak semua pegawai tetapi milik direktur, setelah ada pedoman tertulis yg disyahkan oleh bupati/walikota/gubernur maka baru bisa dibagi dan menjadi insentif. lebih baik lagi ada peraturan bupati/walikota dst
Hapusruwet amat pak
BalasHapustidak ada nama profesi paramedik bos, yg ada perawat, penata labor, bidan, penata rongent dll
BalasHapusBuatkan contoh dalam bentuk ms xl sehingga rumus otomatis
BalasHapusRemun itu berlakunya ada syarat tertentu tidak? Wajib dikerjakan tidak? Di rsud saya yang berdiri tahun 2013, ga pernah kami dapat remun.
BalasHapusRemun itu berlakunya ada syarat tertentu tidak? Wajib dikerjakan tidak? Di rsud saya yang berdiri tahun 2013, ga pernah kami dapat remun.
BalasHapusBgmn pembagian js farmasi dr margin obat, rs kami blm blud dan dasar2nya..mksh
BalasHapusSaran saya bagi RS yg perlu pendampingan pembuatan juknis jaspel / remun sepert yg dijelaskan diatas buat saja perencanaan program nya. Undang beliau sbg konsultan ke RS bapak/ibu
BalasHapusPak apakah Jasa pelayanan harus dibagi ke pemerintah dan rs 50-50%?selanjutnya yg 50% ke rs dibulatkan 100%..baru dibagi management dan pelayanan?mohon solusi dari bapak ttg hal ini.. Terus disertai dasar hukumnya juga pak.. Terima kasih
BalasHapusSelamat siang pak. Mohon bantuannya u/ penentuan presentase jasa di kamar operasi bagaimna ya pak? Apakah ada dasar tertulis yang bisa menguatkan.
BalasHapusSelamat siang pak. Mohon bantuannya, untuk perhitungan japel laboratorium ada ketentuannya kah untuk prosentaseny? Adakah panduan yang menguatkan berapa persentasenya? Mohon infonya.
BalasHapusMaaf mas, saya pengen tahu peraturan dan rumus pembagian tuslah jasa langsung farmasi.
BalasHapusApakah tuslah obat hak bagian farmasi.?
Ditunggu jawaban yh via email. sandi.listiani95@gmail.com
Makasih
Jasane mundak o
BalasHapusJasane mundak...jasane mundak.. Karyawane seneng...
BalasHapusJasane mundak...jasane mundak.. Karyawane seneng...
BalasHapusMau ty dong... Klo macam KTU, Kabid, Kasubag, kepala seksi,bendahara harus lebih tinggi dari pegawai medik kah? Ini kan jasa medik kok yg struktural dapatnya lebih banyak. Misal direktur 6jt,ktu 3.8jt,kabid 2.8jt,kasubag 2.5jt,kepsek 2jt,dr sp 2jt,dr umum1.5jt,perawat bidan pranata lab dan apoteker 1jt. Apa itu sudah pas?? Kenapa macam tdk adil benar ya...
BalasHapusbagus banget ada file contoh ga pak
BalasHapusMaaf mas, dikolom profesi kok gak ada profesi PENATA ANESTESI padahal profesi tersebut sudah disahkan oleh Permenkes Lo
BalasHapusMaaf mas, dikolom profesi kok gak ada profesi PENATA ANESTESI padahal profesi tersebut sudah disahkan oleh Permenkes Lo
BalasHapusMaaf mas di kolom profesi kok gak ada profesi PENATA ANESTESI padahal profesi tersebut sudah disahkan oleh Permenkes
BalasHapus